Tips Memotifasi Anak Menyukai Pendidikan

Label:

Anak-anak di usia dini harus belajar dan menyadari pentingnya pendidikan bagi kehidupan mereka. Namun, ada sebagian anak yang mencoba melawan norma dan bersikeras melakukan sesuatu dengan cara mereka sendiri.
Bagaimana Anda bisa memotivasi anak-anak atau remaja untuk menganggap pendidikan sebagai persiapan yang diperlukan untuk masa depan mereka? Berikut adalah beberapa panduan yang praktis dan terbukti efektif.
Ajarkan nilai pendidikan pada masa awal kehidupan seorang anak. Anak-anak secara alami memiliki rasa ingin tahu dan menjadi jeli. Mereka mungkin bertanya-tanya mengapa Anda suka membaca buku atau majalah. Katakan kepada mereka bahwa mereka perlu belajar membaca agar bisa tahu kenikmatan membaca. Akan membantu jika Anda memberitahu anak-anak setiap hari betapa pentingnya mendapatkan pendidikan yang baik adalah dalam mencapai tujuan dan impian dalam hidup.
Jadilah kreatif ketika mengajar anak-anak selama tahun-tahun formatif. Walaupun profesi Anda bukan guru, Anda masih bisa berusaha untuk menjadi guru di rumah yang efektif untuk anak-anak. Anda lihat, sebagai orangtua Anda juga harus belajar bagaimana membuat anak-anak Anda menikmati belajar. Anda bisa memaksakan kegiatan bermain dan menyenangkan di rumah untuk membuat anak-anak menyadari bahwa belajar tidak membosankan seperti yang mereka pikir.
Bawa anak-anak ke taman-taman yang mendidik namun menyenangkan. Alih-alih membawa mereka ke mal untuk berjalan-jalan, mengapa tidak membawa mereka ke sebuah museum, pusat ilmu pengetahuan, atau kebun binatang sebagai gantinya? Ketika mereka lebih penasaran tentang banyak hal, katakan bahwa mereka akan tahu lebih banyak jika mereka terus mendapatkan pendidikan. Strategi ini tentu akan membuat mereka lebih termotivasi untuk belajar dan belajar.
Kenalkan komputer ke anak-anak. Komputer tidak pernah gagal untuk memukau manusia, terutama anak-anak kecil. Tampaknya generasi sekarang ini adalah generasi komputer. Tentu saja, tekankan kepada anak-anak Anda bahwa mereka tidak bisa dengan cara apapun memanfaatkan potensi komputer dan internet tanpa mendapatkan pendidikan yang dibutuhkan.
Dalam waktu singkat, Anda akan mendengar mereka meminta bagaimana bisa belajar lebih banyak lagi. Pada saat itu, Anda akan sadar bahwa Anda telah memegang kendali.
Bawa anak-anak ke jalan-jalan dimana ada gelandangan dan pengemis. Ini mungkin kedengaran aneh, tapi Anda bisa mengatakan kepada anak-anak bahwa jika mereka gagal mendapat pendidikan mereka bisa berakhir seperti orang-orang kurang beruntung tersebut. Yakinlah Anda pasti langsung bisa melihat rasa takut di wajah mereka.
Bagaimana tentang penerapan pendidikan atau pembelajaran untuk kegiatan sehari-hari? Anda bisa menggabungkan matematika dengan tugas dan situasi sehari-hari. Kesukaan mereka dalam belajar akan timbul jika Anda mengandalkan mereka dalam melakukan tugas-tugas tertentu.
Masukkan unsur menghitung, membaca, dan menulis pada tugas-tugas sederhana. Misalnya, Anda membawa mereka ke pasar dan menyuruh mereka membeli barang-barang tertentu (seperti 5 apel, 10 jeruk, dan sejenisnya). Di akhir hari, Anda bisa melihat anak-anak ini mendapat sensasi dan kepuasan tersendiri.
Daftarkan anak-anak Anda ke sekolah-sekolah yang paling terkenal dan efektif. Biasanya orang tua menganggap sekolah anak-anak sebagai investasi. Jika Anda ingin mereka untuk mencintai pendidikan, pastikan untuk menempatkan mereka dalam situasi yang akan menggabungkan kenyamanan, rasa senang, dan pembelajaran pada saat yang sama.
Jangan ragu karena biaya yang tinggi. Biasanya sekolah yang paling baik dan paling efektif akan memberikan mutu yang baik dalam kualitas pendidikan. Jika Anda ingin membentuk anak-anak menjadi individu yang lebih baik, mengapa tidak menghabiskan uang untuk itu?

0 komentar:

Posting Komentar